Ini dia 10 tips naik pesawat bagi kamu yang pemula

Ini dia 10 tips naik pesawat bagi kamu yang pemula

Ini dia 10 tips naik pesawat bagi kamu yang pemula

nowellsheating.com - Jangan sepelekan pengalaman pertama naik pesawat, salah-salah kamu bisa bermasalah di bandara dan di penerbanganmu nanti. Mengapa demikian? Karena, banyak aturan penerbangan dan aturan bandara yang harus kamu pahami dan taati. Tak bisa begitu saja kamu abaikan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu menyimak tips-tips buat kamu yang pertama kali naik pesawat berikut ini dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/4). 1. Datang di bandara paling lebih cepat dari jadwal penerbangan.

foto: id.wikipedia.orgIni penting. Untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat, akan ada banyak proses yang kamu lewati seperti boarding, pemeriksaan keamanan dan lain-lain. Alangkah lebih bijaksananya untuk kamu paling tidak datang satu jam sebelum keberangkatan agar dapat mempersiapkannya dengan baik. 2. Cek lagi barangmu, jangan sampai barang berhargamu masuk koper dan masuk bagasi.

foto: hersays.comKoper dan tas besar milikmu nantinya memang akan masuk bagasi. Nah, ponsel, laptop, gadget, dan barang berharga lainnya milikmu sebaiknya kamu bawa dan tidak ikut masuk bagasi bersama koper, ya. 3. Pemeriksaan keamanan harus kamu lewati, lho

foto: bandara.idUsahakan untuk tidak membawa benda cair, tajam, berbau karena pihak bandara melarangnya. Untuk aturan barang bawang lainnya semisal, hewan juga harus kamu perhatikan.

Koin, sabuk yang mengandung metal, atau benda-benda yang sekiranya mengandung metal juga usahakan jangan dipakai karena akan mengganggu proses pemeriksaan.4. Kalau bawa barang banyak jangan lebih dari jatah bagasi.

foto: nonaaling.wordpress.comJatah bagasi biasanya 20 kg. Mengapa demikian? Karena kalau kamu membawa barang yang beratnya lebih dari 20 kg, kamu harus membayar lagi biaya overload barang tersebut. Nah lho..5. Jangan lupa check in.

foto: belajarkreatif.netJangan sepelekan check ini, ya. Check in ini adalah salah satu prosedur resmi dari maskapai untuk memastikan penumpang yang datang ada dan tercatat dalam data manifest penerbangan. Saat check ini, hal-hal yang kamu tunjukkan ke petugas adalah identitas diri dan tiket.6. Kalau tujuanmu luar negeri, jangan lupa untuk mengurus proses imigrasi ya.

foto: dettyindriana.blogspot.comKalau tujuanmu dalam negeri tak masalah. Tapi kalau tujuanmu luar negeri, kamu perlu mengurus yang namanya proses imigrasi.

Dalam proses imigrasi, persiapkanlah paspor dan visamu. Dokumen lain yang biasa ditanya petugas imigrasi antara lain: tiket balik, bukti pemesanan hotel, dan surat undangan bisnis atau sekolah.Ada beberapa tips supaya proses imigrasimu lancar, yakni, bersikaplah sopan, jangan menggunakan topi, kaca mata hitam, termasuk menggunakan gadget. Jawablah singkat pertanyaan-pertanyaan dari petugas. Sopan dan ramah kepada petugas biasanya akan semakin memperlancar proses.

7. Perhatikan boarding pass kamu untuk petunjuk gate-nya.

foto: passfail.squarespace.comBoarding pass akan kamu dapatkan saat kamu check ini, seperti yang dijelaskan di nomor 5. Nah, di boarding pass ini ada petunjuk ruang dan gate mana kamu harus menunggu pesawat. Jangan sampai salah, ya.8. Ikuti aturan saat naik pesawat ya, dan jangan tergesa-gesa.

foto: r1sthree.wordpress.comIni sepele, tapi tak kalah penting, lho. Kamu harus selalu mengikut peraturan yang diterapkan pihak bandara dan aturan yang benar saat naik pesawat, serta tetap tenang dan tidak tergesa-gesa. Saat pertama naik, kamu akan disambut pramugara atau pramugari. Biasanya mereka akan membantu menunjukkan tempat dudukmu. Perhatikan bahwa kamu duduk di nomor kursi sesuai dengan tiket. Karena aturan pesawat berbeda dengan aturan transportasi lainnya.9. Perhatikan dan taati peraturan dan apa yang disampaikan oleh pilot dan pramugara/pramugari.

foto: ganlob.comSaat di dalam pesawat pun, kamu harus selalu mendengarkan instruksi dari pilot dan pramugari lho, ya. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan. Contohnya dilarang menggunakan handphone selama penerbangan, meninggikan sandaran kursi saat akan landing dan take-off, menggunakan sabuk pengaman saat landing dan take-off dan dalam situasi-sitasi yang dianggap berbahaya.10. Permen bisa mencegah telingamu dari sakit telinga.

foto: delyanet.comPermen ini berguna untuk nanti kamu emut di dalam pesawat agar saat tinggal landas nanti, telingamu tak merasa sakit.