9 Alasan tetap asyik pakai produk orisinal ketimbang abal-abal

9 Alasan tetap asyik pakai produk orisinal ketimbang abal-abal

9 Alasan tetap asyik pakai produk orisinal ketimbang abal-abal

nowellsheating.com - "Stop pembajakan!" Kamu sering mendengar propaganda ini, kan? Baik dalam dunia musik, film, buku, maupun bidang lainnya. Pembajakan yang menghasilkan produk abal-abal memang bikin resah, nggak cuman individu pribadi tapi juga negara! Apalagi mereka yang karyanya dibajak. Padahal sekalipun fungsinya barang yang dibajak itu sama seperti aslinya, tetap saja kualitasnya beda jauh.Nah, sebagai generasi muda, yuk mulai belajar menghargai karya orisinal seseorang atau suatu pihak. Kamu pun nggak mau kan, kalau punya karya eh, dibajak? Yang rugi kamu sendiri, lho. Kira-kira apa saja sih, manfaatnya pakai produk orisinal ketimbang abal-abal? Nih, brilio.net rangkum buat kamu semua, Selasa (5/4):1. Nggak mudah rusak.

foto: giphy.com

Kalau kamu pakai produk asli, dijamin kualitasnya oke. Baik itu smartphone, komputer atau laptop, kaset DVD, baju, tas, bahkan sampai printer. Karena perusahaan atau pihak yang memproduksi pasti sudah melakukan proses uji kelayakan supaya produk mereka layak dikonsumsi masyarakat. Uji kelayakan ini termasuk kualitas barang yang nggak cepat rusak. Misalnya saja charger ponsel. Kalau kamu beli bajakan, bakal lebih cepat rusak ketimbang yang asli, kan? 2. Output produk nggak bikin makan hati.

foto: welcome.brother.com

Bicara output produk, produk asli bakal menghasilkan output yang oke. Misalnya saja printer. Printer orisinal akan menghasilkan cetakan yang bagus dan memuaskan kamu. Akhirnya, kamu pun nggak ngedumel sendiri dan pekerjaanmu lebih cepat selesai dengan optimal. Percuma juga kalau materimu bagus, tapi nggak didukung piranti berkualitas bagus. 3. Garansi terjamin.

foto: welcome.brother.com

Seperti yang sudah kamu ketahui, kalau beli barang pasti ada garansinya. Ada garansi toko atau garansi pabrik aslinya. Misalnya saja dalam hal ini adalah gadget dan aksesori atau peralatan elektronik rumah tangga. Nah, memang aman kalau kamu dapat garansi pabrik karena yang tahu segala tetek bengek produk itu adalah pabriknya. Jadi, kalau kamu punya problem terkait produk yang kamu beli, bisa tuh diadukan ke ahlinya langsung. Dan kalau ada elemen yang perlu diganti, kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam. 4. Bisa konsul gratis ke customer service produk kalau ada kendala.

foto: welcome.brother.com

Nah, kelebihan pakai produk asli adalah kalau kamu punya keluhan soal produk orisinal, bisa konsultasi ke bagian customer service-nya. Kamu bisa tanya banyak hal kepada ahlinya langsung, bukan pada tukang servis yang kadang ada ngawurnya. 5. Nggak bikin kerusakan terhadap barang atau piranti lain.

foto: welcome.brother.com

Barang palsu itu bisa menimbulkan ancaman bagi barang lain. Contohnya perihal printer. Kalau kamu pakai katrid tinta bajakan, bisa jadi bikin printer kamu rusak, bahkan gara-gara ketelodoran itu garansi pembelian yang sudah kamu dapat bisa hangus, lho.6. Tekor di awal sih, tapi ke depannya kamu bisa berhemat.

foto: giphy.com

Ada uang, ada barang. Ini bukan isapan jempol belaka. Tapi jangan langsung cemberut ya, guys. Yang namanya barang mahal, cenderung kualitasnya oke. Maka dari itu, nggak apa kamu tekor beli barang orisinal di awal karena barang akan lebih awet sehingga ke depannya kamu nggak perlu sering servis atau bahkan gonta-ganti barang. Beli murah tapi kalau cepet rusak, dan ini kamu lakukan berulang kali, ya tekor kuadrat!7. Nilai jual masih tinggi.

foto: giphy.com

Namanya barang orisinal, kualitas terjamin, terus kamu pun bisa merawatnya dengan baik, nanti kalau pengen kamu jual, nilainya bisa masih tinggi. Jadi, kamu nggak akan mewek karena nilai beli dan jual produk yang kamu punya itu anjlok.8. Berkontribusi terhadap pengurangan dan pencegahan pembelian produk bajakan.

foto: giphy.com

Dengan beli produk orisinal, kamu mendukung gerakan stop pembajakan. Seperti kamu tahu, angka pembajakan di negara kita terbilang tinggi. Seakan mindset murah dan asal punya sudah mendarah daging dalam masyarakat kita. Hal ini bisa merugikan banyak pihak, baik diri sendiri, penyedia produk, maupun pemerintah. 9. Wujud penghargaan terhadap karya orang lain.

foto: giphy.com

Membeli produk orisinal berarti menghargai karya orang lain. Hal ini bukan semata materi atau nominal tertentu, tapi setiap orang butuh dihargai atas semua karya yang diciptakan. Kamu pun juga ingin dihargai, kan? Kalau beli bajakan, selain pencipta karya rugi secara materi, juga rugi batin. Karya yang diciptakan sampai berdarah-darah, dijiplak begitu saja oleh orang lain. Kamu bisa membayangkan kan, guys?

(brl/swh)